RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMA Negeri I Lokop
Mata
Pelajaran : Fisika
Materi
Pokok : Gelombang
Kelas/
Smester : XII/I
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
I.
Standar
Kompetensi :
1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala
gelombang dalam menyelesaikan massalah
II.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Mendiskripsikan
gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
III.
Indicator
:
1. Siswa
dapat menjelaskan konsep gelombang
2. Siswa
mampu membedakan jenis gelombang berdasarkan arah getar atau arah rambatnya
3. Memformulasikan
masalah perambatan gelombang melalui satu medium
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
Ø Siswa
dapat menjelaskan pengertian gelombang
Ø Siawa
mampu menyebutkan kemiripan getaran dengan gelombang
Ø Siswa
mampumenyebutkan perbedaan getaran dengan gelombang
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian gelombang transversal
Ø Siswa
dapat menyebutkan contoh dari gelombang transversal
Ø Siswa
dapat menunjukkan puncak gelombang
Ø Siswa
dapat menunjukkan dasar gelombang
Ø Siswa
dapat menunjukkan bukit gelombang
Ø Siswa
dapat menunjukkan lembah gelombang
Ø Siswa
dapat menunjukkan amplitudo gelombang
Ø Siswa
dapat menunjukkan panjang gelombang
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian periode gelombang
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian cepat rambat gelombang
Ø Siswa
dapat menganalisis persamaan dari gelombang
Ø Siswa
dapat menyebutkan arti λ, f, dan V, beserta satuannya
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian dari gelombang longitudinal.
Ø Siswa
dapat menyebutkan 2 contoh dari gelombang longitudinal
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian rapatan
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian regangan
Ø Siswa
dapat menyebutkan pengertian panjang gelombang longitudinal
Ø Siswa
dapat menyebutkan 2 contoh dari gelombang menurut amplitude dan fasenya
Ø Siswa
dapat menyebutkan 2 contoh dari gelombang menurut medium perantara.
V.
Materi Pembelajaran : Gelombang
VI.
Strategi Pembelajaran :
·
Model :
CTL
·
Pendekatan : Diskusi, kelompok, Tanya jawab
·
Metode :
eksperimen, demontrasi, ceramah
VII.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
-
Berdo’a, memeriksa kehadiran siswa
-
Member apersepsi tentang gelombang
-
Memotivasi siswa
B. Kegiatan
Inti ( 70 menit )
-
Guru menjelaskan materi
-
Guru meminta siswa beberapa siswa untuk
mempraktekkan gelombang
-
Guru meminta siswa yang lain
memperhatikan gelombang yang dipraktekkan oleh temannya
-
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan
pengetian gelombang
-
Guru menguatkan kesimpulan yang telah
disimpulkan oleh siswa
-
Guru memberikan LKS
-
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
LKS
C. Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
-
Guru Merangkum pelajaran
-
Memberi tugas rumah kepada siswa
-
Mengimformasikan materi pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
-
Menutup pelajaran dengan memberikan
salam
VIII.
Sumber
Alat/ Bahan :
Sumber : - Buku Fisika yang relapan
- LKS
Alat : - Tali
-
Slinki
Bahan : - Spidol
IX.
Jenis
Tagihan dan Penilaian
Jenis Tagihan :
unjuk kerja
: tugas individu
Bentuk Penilaian : - pertanyaan kiasan dan tulisan
:
- laporan hasil kerja
Contoh
Soal :
1. Gelombang
yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getarnya disebut gelombang…………..?
Jawab
:
Gelombang transversal
2. Satu
bukit dan satu lembah disebut……?
Jawab
:
Satu gelombang
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
SMA Negeri I Lokop
(………………………….) ( ……………………….)
NIP: NIM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar